Kamis, 10 April 2014

Teori Atom J.J Thomson



Berdasarkan penemuan tabung katode yang lebih baik oleh William Crookers, maka J.J Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode dan dapat dipastikan bahwa sinar katode merupakan partikel, sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. Dari hasil percobaan ini Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.
Atom maerupakan partikel bersifat netral, oleh karena elektron bermuatan negatif maka harus ada partikel lain bermuatan positif untuk menetralkan muatan negatif elektron tersebut. Dari penemuan itu Thomson memperbaiki teori atom Dalton dan mengemukakan teori atomnya yaitu “ Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamnya tersebar muatan negatif elektron”
Kelebihan teori ini adalah membuktikan bahwa adanya partikellain yang bermuatan negatif pada atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Sedangkan kelemahannya dalah Model Thomson tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.






0 komentar:

Posting Komentar